Senin, 23 Maret 2015

Artikel Dampak Positif dan Negatif Media Sosial (MedSos)

Pada zaman globalisasi saat ini, ada banyak hal-hal yang dapat dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya baik untuk kebutuhan sendiri maupun untuk kebutuhan sesama, bahkan untuk kebutuhan organisasinya sendiri. Salah satu kebutuhan yang sangat penting pada zaman seperti ini adalah kebutuhan akan pencarian informasi, baik yang bersifat formal, maupun informasi untuk mengisi kekosongan waktu saja.


Dalam tulisan saya ini, saya akan menuliskan tentang pencarian informasi yang kita inginkan secara cepat dengan menggunakan media sosial yang sudah banyak sekarang ini, dimana media sosial ini sangat bergantung dengan yang namanya Internet.

Dimasa dewasa sekarang ini media sosial bukanlah hal yang asing lagi bagi kalangan remaja, dewasa, bahkan anak seumuran sekolah dasar. Sekarang ini media sosial sudah banyak jenisnya seperti Facebook, Twitter, Path, Line, WhatsApp, Instagram, dan lain sebagainya. Dan itu pun sangat mudah untuk digunakan, dikarenakan sudah banyaknya gadget-gadget canggih yang beredar di kalangan masyarakat saat ini. 

Tapi ?, taukah kita semua bahwa hal-hal itu semua mempunyai efek yang sangat menguntungkan dan bahkan sangat merugikan untuk diri kita sendiri, keluarga, sahabat, teman, sesama, dan bahkan semua orang? Banyak orang saat ini tidak memikirkan kedua efek yang sangat mempengaruhi itu, termasuk saya. Kebanyakkan kita hanya menikmatinya saja, tanpa menghiraukan kedua hal itu, apalagi efek yang bahkan sangat merugikan diri kita sendiri.

Oleh karena itu dalam artikel saya ini saya akan menuliskan beberapa Dampak Positif dan Dampak Negatif dari Media Sosial itu sendiri.

Dampak Positif dari Media Sosial  
  • Dengan adanya media sosial kita dapat menghimpun anggota keluarga yang tersebar di berbagai daerah di dunia ini, hal ini sangatlah gampang, hanya membutuhkan akun media sosial saja, kita dapat melakukan obrolan dalam grup chat.
  • Sebagai media penyebaran informasi. Dengan adanya media sosial kita dapat mengupdate informasi-informasi terbaru.
  • Dengan adanya media sosial dapat memperluas jaringan pertemanan. Kita dapat berkenalan dengan siapa saja, di belahan dunia mana saja. 
  • Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial. Manusia dapat belajar bagaimana cara beradaptasi, bersosialisasi, berempati dengan semasa manusia.
  • Sebagai media promosi dalam bisnis. Hal ini dapat membantu para pengusaha kecil untuk dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.
  • Sebagai tempat berbagi, dengan adanya fitur-fitur tertentu dalam media sosial kita dapat berbagi foto-foto menarik, video, dokumen maupun pesan suara. Sehingga oranglain dapat mengetahui informasi-informasi seperti daerah bagus untuk hunting foto, dll.

Dampak Negatif dari Media Sosial
  • Hal negatif utama dalam media sosial adalah maraknya tindak kejahatan, baik itu penculikkan, penipuan,  hacking, cracking, phising, dll.
  • Dengan adanya media sosial juga manusia jadi kurang aktif dalam berinteraksi dengan sesama manusia secara langsung, karena keasikkan dengan temannya di sosial media.
  • Kaku dalam berbicara dengan orang lain hal ini dikarenakan dalam media sosial orang sering menggunakan bahasa yang informal atau tidak baku, sehingga sangat susah untuk berbicara secara formal.
  • Media sosial juga mengakibatkan orang lupa akan waktu, tidak mau belajar, tidak melaksanakan tugas, karena selalu asik dengan berita-berita yang seharusnya tidak terlalu penting untuk dibicarakan dalam media sosial.
  • Dan, yang paling parah media sosial dapat mengakibatkan efek candu bagi para penggunanya. Bahkan orang-orang lebih mementingkan membuka sosmednya pada pagi hari setelah bangun tidur daripada berdoa kepada Tuhan.

Seperti itulah dampak positif dan negatif dari media sosial. Baiklah kita mengambil hal yang penting bagi diri kita sendiri.

Beberapa sumber diambil dari :


3 komentar:

  1. PelangiQQasia
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangiqqasia,com
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games bos!
    BandarQ | BandarQ Online | BANDAR POKER | Agen BandarQ | Domino99 | Agen Domino | AduQ Online Terbaik
    Keunggulan PELANGIQQ :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO&WD 25RB)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGIQQ
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGIQQ
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga melalui live chat dan cs kami akan membantu anda 24jam bos!!
    CONTACT US :
    BBM : D1E0517C
    Skype : PelangiQQ
    FB : Pelangi QQ Asia

    BalasHapus
  2. ♥ ♠ ♦ ♣ LEGENDAQQ.NET ♥ ♠ ♦ ♣
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^

    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : Legendaqq
    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendapelangi(dot)com
    - www.legendapelangi(dot)net
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    BalasHapus

  3. Thanks infonya. Oiya ngomongin media sosial, ternyata ada fakta menarik loh yang jarang terungkap ke permukaan. Katanya, media sosial itu bisa bikin seseorang jadi boros. Selengkapnya bisa temen-temen cek di sini: Media sosial bikin boros

    BalasHapus