Kamis, 17 November 2016


Perkembangan Desain Grafis


Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan media gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan secara efektik. Dalam desain grafis sebuah teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi dari symbol-simbol yang bisa dibunyikan. Perkembangan desain grafis saat ini di Indonesia sangatlah diminati khususnya bagi para pekerja seni dibidang grafis, periklananan, event dan lain-lainDesain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan media gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan secara efektik. 





Dalam desain grafis sebuah teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi dari symbol-simbol yang bisa dibunyikan. Perkembangan desain grafis di Indonesia sampai sekitar tahun 2000-an, masih dianggap seni kelas dua, dan seni pinggiran, problematika ini lahir dari berbagai macam aspek yang saling menagkumulasi satu sama lain. Alasan mengapa desain grafis sangat berkembang dan di minati di Indonesia saat ini dikarenakan desain grafis sangat efektif untuk memberikan sarana-sarana yang mampu mengapresiasikan suatu kegiatan atau suatu acara, dapat memberikan contoh atau iklan dengan ilustrasi-ilustrasi yang menarik, mampu menghasilkan suatu rancangan produk dengan lebih maksimal, desain grafis juga dapat menjadi sarana komunikasi dan informasi yang memberikan data yang lebih jelas, mampu menjadikan hiburan dan mengeksplorasi keahlian di bidang desain.


Meski desain grafis/komunikasi visual mulai menjadi ‘tren’ di masyarakat dan produknya pun telah melekat dan membentuk kehidupan peradaban modern, jejak perkembangan desain grafis di Indonesia tak memiliki pencatatan yang mapan. Padahal, pencatatan sejarah merupakan elemen fundamental dalam upaya pemahaman dan pengembangan bidang ilmu dan profesi desain grafis—yang tak pernah bisa lepas dari kondisi masyarakat tempatnya hadir dan berkembang. Memahami dan mencatat desain mengantar kita dalam upaya untuk membaca dan merawat peradaban.

Sumber
http://farishadyan96.blogspot.co.id/
By Metodius W



Tidak ada komentar:

Posting Komentar