Jumat, 25 Maret 2016

Riset Web

Pada post kali ini, saya akan memberikan riset saya tentang salah satu jenis web yaitu e-learning. E-learning itu sendiri adalah singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.


Web jenis e-learning memiliki banyak contoh, dalam posting kali ini saya memilih saungkode.com, karena web ini memungkinkan kita untuk belajar dengan tutorial yang telah tersedia pada web tersebut. 

saungkode.com memiliki halaman web yang cukup menarik, walaupun jika pertama di akses oleh pemula akan terasa sedikit ribet karena ada banyak konten yang tersedia. Pada header webnya kita dapat melihat beberapa menu seperti pada gambar di bawah ini 


Pada web ini kita dapat melakukan register untuk mendapat akses lebih dalam berselancar, klik menu register dan isikan data sesuai permintaan, jika sudah mengisikan email, maka pada email tersebut akan dikirimkan username dan password kita. Lalu kita dapat melakukan Login pada web ini.


saungkode.com memiliki 2 menu utama yaitu, Navigate Content yang terdiri dari "Explore", "Course", "Tutorial", dan "Devlog" dan Account Manage yang terdiri dari "MyCourse", "Notification", "Profil", dan "LogOut". Masing-masing menu ini memiliki fungsi tersendiri yang dapat membantu kita dalam melaksanakan proses e-learning kita sendiri. Saya akan membahas satu persatu bagian dari menu ini.



NAVIGATE CONTENT

Menu Explore 

Menu explore adalah menu yang menyediakan seluruh isi dalam web saungkode.com mulai dari Course, Tutorial, Devlog, comentar, widget, dll.


Menu Course

Menu course memiliki tampilan seperti dibawah ini, kita dapat memilih untuk mengikuti jenis kursus apa yang kita mau, tersedia 7 jenis kurus yaitu Framework Laravel, Bootstrap 3, Pemrograman PHP, HTML dasar, Web Design, Algoritman dan Pembrograman Dasar, dan Code Ingniter. Ada juga level kesulitannya mulaid ari easy, medium, dan hard, sejauh ini medium dan hard belum ada isi kontennya



Menu Tutorial

Menu ini menyediakan lebih dari 18 konten tentang tutorial dalam teknologi komputer, tidak hanya dalam melakukan kegiatan pemrograman, ada banyak lagi tutorial yang tersedia pada web ini.



Menu Devlog

Menu ini menyediakan informasi mengenai dunia IT, artikel tentang IT, dan hal-hal baru yang selalu terupdate dan penting untuk di share kepada publik.




ACCOUNT CONTENT


Account content, menyediakan data diri kita (jika sudah diisi), lalu di bagian ini juga akan ada notification untuk kita dari web, disini juga kita dapat melihat apa saja kursus yang telah kita ikuti, dan masih banyak lagi.

saungkode.com memiliki footer seperti gambar dibawah ini, pada bagian ini kita dapat melihat, berapa banyak post, dan member aktif di web ini. Tersedia juga saungkode.com dalam akun lain, seperti facebook, twitter, google+, dan dapat kita access dengan akun yang kita miliki sendiri. Kita juga dapat melakukan subscribe, dan dapat melihat sponsor dari web ini. 




by, MetodiusWr

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar